Takut Hujan-Hujanan? Padahal Rasul SAW dan Sahabat Suka lho Hujan – Hujanan

Eh lagi musim Hujan Kan yah Untuk Wilayah Jakarta dan sekitarnya, sampe Kemaren ada hujan Es lho. nah teman apakah kalian termasuk dalam katagori yang takut mandi hujan??Atau malah ber riang gembira jika Hujan turun?

Inget ngga Di masa kecil dulu, kita  mungkin pernah bermain hujan, berlari-larian di bawah derasnya hujan, atau main bola di tengah guyuran hujan.Asyeekk yah,

Tapi, para orang tua sebaliknya selalu merasa khawatir dan melarang anak-anak mereka mandi hujan. Para orang tua takut anak-anak mereka menjadi sakit, masuk angin, demam ataupun pilek karena mandi hujan.

Lalu, bagaimana Islam memandangkan aktivitas mandi hujan. Apakah Rasulullah SAW melarang kita mandi hujan?

Budi Ashari Lc, penulis pada situs parenting nabawiyah, mengatakan ada hadist yang menjelaskan Rasulullah SAW pernah mandi hujan.

Dalam hadist riwayat Muslim, Anas bin Malik radhiallahu anhu berkata,”Kami bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam kehujanan. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyingkap pakaiannya agar terkena air hujan. Kami bertanya: Ya Rasulullah, mengapa kau lakukan ini?”

”Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjawab,’Karena ia (hujan) baru saja datang dari Tuhannya ta’ala’.” (HR. Muslim)

Imam Nawawi, dalam kitab Al Minhaj, menjelaskan makna hadist ini. Maknanya bahwa hujan adalah rahmat, ia baru saja diciptakan Allah ta’ala. Maka kita ambil keberkahannya.

Hadits ini juga menjadi dalil bagi pernyataan sahabat-sahabat bahwa dianjurkan saat hujan pertama untuk menyingkap –yang bukan aurat– agar terkena hujan.

”Ibnu Rajab dalam Fathul Bari menyebutkan bahwa para sahabat Nabi pun sengaja hujan-hujanan seperti Utsman bin Affan,” tulis Budi Ashari Lc yang jebolan Fakultas Hadits dan Studi Islam di Universitas Islam Madinah, Saudi Arabia ini

Demikian juga Abdullah bin Abbas, jika hujan turun dia berkata:”Wahai Ikrimah keluarkan pelana, keluarkan ini, keluarkan itu agar terkena hujan.”

Ibnu Rajab juga menyebutkan bahwa Ali bin Abi Thalib jika sedang hujan, keluar untuk hujan-hujanan. Jika hujan mengenai kepalanya yang gundul itu, dia mengusapkan ke seluruh kepala, wajah dan badan kemudian berkata:”Keberkahan turun dari langit yang belum tersentuh tangan juga bejana.”

Abu al-Abbas Al Qurthubi juga menjelaskan,“Ini yang dilakukan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk mencari keberkahan dengan hujan dan mencari obat. Karena Allah ta’ala telah menamainya rahmat, diberkahi, suci, sebab kehidupan dan menjauhkan dari hukuman.” (Al Mufhim).

Air Hujan juga Bermanfaat Untuk Kesuburan kandungan. ( والله أعلمُ بالـصـواب )

#jangantakutmandihujanyaah.

https://ellietta.yukbisnis.com/

Iklan

Suir _suir ikan cakalang creative handmade Huhate_namlea Punya.

Yang Hari ini masih pada di kantor..
Lembur….
sambil Nunggu Waktu Berbuka Puasa…..
dan bingung mw Buka puasa Pake Apa???.Atau yang Di tinggal Sendirian di rumah dan malas masak tapi kangen makan ikan …, Anak Kosan buat Stok Di lemari.
kalo Ane sih ngga bingung , ( Hare gene udah ngga Zamane kale Bingung2). Ber-bekel Suir -suir ikan cakalang jadi ngga perlu bingung dan Ribet.

Karena suir -suir ikan cakalang ini Praktiss Abizz dan bisa di santap dengan nasi hangat, nasi goreng, bubur ataupun dengan Roti.terbuat dari ikan Cakalang Seger, tekturnya seperti Abon, lembut dan enak.

Bagi yang Penasaran dan minat.
Cuman yg Penasaran dan minat lho , Segera Di order.Met Buka Puasa yah Guys bagi yang menjalankan puasa Hari Ini.

Membenci Ku Sepuas mu.

Aku akan membiarkanmu pergi menjauh dari ku dan membenci ku sepuasmu…

aku bisa memaklumi itu…
sampai kau puas membenci ku.

hingga entah kebencian itu yang akan menghancurkn mu atau aku.

masing-masing dari kita punya pilihan bukan?

aku memilih “maaf ” …
dan sudah ku lakukan itu berulang kali.

karena meminta maaf mungkin merupakan dan hanya kewajiban bagi ku.

sedangkan kau berhak membenci ku..
semau mu.

Seandainya Aku Razan Annajaar !

Aku dan teman-teman ku dulu pernah seumuran diri mu ( Razan Annajaar).

Tangan lembut kami pun pernah menjahit dan membalut setiap yang terluka akibat perang!

Kami tak melihat apa agama dan darimana mereka yang terluka itu berasal.

Kami memasang sarung tangan kami dengan tergesa-gesa, berlari , bahkan tangan kamipun masih tremor ketika memegang spuit 5 CC.

Oh seandainya kami adalah kamu ( Razan Annajaar ),

Betapa bahagianya……!.

Peluru menusuk dada mu…!

tapi itu tak berarti….!

Mereka memang tak mengerti , apa tugas utama mu, biarlaahh.

karena memang mereka tak akan pernah mengerti.

Arti dari satu nyawa terselamatkan dan bisa memberikan senyuman kepada kita.

Saudari ku Razan Annajaar!

Tangan mu berlumuran darah…

tapi darah dari mereka yang kamu selamatkan.

Saudari ku Razan Annajaar!

Lipatlah kedua tangan lembut mu dan berbaringlah…!

Berbaringlah diatas tanah yang diberkahi.

kelak kau akan mendengar setiap tapak kaki ….

Berlari…

Bertakbir…

Membebaskan Al-quds.

Berhentilah Untuk Memikirkan Apapun.

Ketika kita memikirkn semua hal maka smua akan terasa berat seperti terbebani dengan sesuatu yang tak mungkin bisa kita lakukan.

Jika sudah seperti itu, maka perintahkan otakmu untuk tidak memikirkn apapun dan melakukan apapun.

Yang akan terjadi biarlah sang maha kuasa yang akan menghandle.

Baringkan tubuh lemah mu dan jgn memikirkn apapun.
biarkan sgala sesuatu terjadi tanpa harus berargumen dengan mu,

atur pernafasanmu , lemahkan smua tulang yang menyokong mu dan bentagkan kedua tangan mu ke udara ,

kamu akan melihat seakan2 sebuh pedang berlari ke arah mu, tp dia tdk dpt melukaimu.

Karena kamu sedang bersatu dgn smua elemen di titik paling rendah, sehingga apapun tdk akan bisa melukaimu.

Dan katakanlah….
اللهمّ أنت ربِّي لا إله إلا أنت خلقتَنِي وأنا عبْدُك فَاغفِرلي

فاغفرلي…..

فاغفرلي…..

The Power Of ADZAN

“ Telah menceritakan kepada kami [Qutaibah] dari [Malik] dari [Sumayya] mantan budak Abu Bakar bin ‘Abdurrahman, dari [Abu Shalih As Saman] dari [Abu Hurairah], bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seandainya manusia mengetahui apa (kebaikan) yang terdapat pada adzan dan shaf awal, lalu mereka tidak dapat meraihnya kecuali dengan cara mengundi tentulah mereka akan mengundi. Dan seandainya mereka mengetahui apa yang terdapat pada bersegera menuju shalat, tentulah mereka akan berlomba-lomba. Dan seandainya mereka mengetahui kebaikan yang terdapat pada shalat ‘Atamah (shalat ‘Isya’) dan Shubuh, tentulah mereka akan mendatanginya walaupun harus dengan merangkak.” ( HR.Bukhari.615 ).

Adzan disyari’atkan pada tahun pertama hijrah.

Adzan : yaitu beribadah kepada ALLAH dengan memberitahu tentang masuknya waktu shalat dengan bacaan tertentu.

Adzan merupakan pemberitahuan tentang masuknya waktu shalat, tempatnya, dan mengajak kepada shalat berjamaah yang mengandung banyak kebaikan.

Adzan merupakan peringatan bagi yang lalai, mengingatkan orang-orang yang lupa menunaikan shalat yang merupakan nikmat yang paling besar.

@. Keutamaan adzan : Muadzin ( orang yang bertugas mengumandangkan adzan ) disunahkan mengeraskan suaranyadalam mengumandangkan adzan, karena tidak seorangpun yang mendengar suara muadzin baik jin, manusia, maupun apa saja kecuali dia akan menjadi saksi baginya pada hari kiamat kelak, dan muadzin diampuni baginya sepanjang suaranya, dibenarkan oleh semua yang mendengar baik yang bsah maupun yang kering.

@. Hukum adzan : Fardu kifayah. Yaitu : adalah status hukum dari sebuah aktivitas dalam Islam yang wajib dilakukan, namun bila sudah dilakukan oleh muslim yang lain maka kewajiban ini gugur.

@. Lafadz adzan pertama : Oleh Bilal. Terdiri dari 15 kalimat.

Allaahu Akbar Allaahu Akbar. (4X)

Asyhadu an laa illaaha illallaah. (2X)

Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. (2X)

Hayya ‘alas-shalaah (2X)

Hayya ‘alal-falaah. (2X)

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (2x)

Laa ilaaha illallaah (1x).

Artinya :

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.

Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan selain Allah.

Aku bersaksi bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah.

Marilah Sembahyang (sholat).

Marilah menuju kepada kejayaan.

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.

Tiada sesembahan selain Allah.

Maka adzan merupakan panggilan dan undangan ALLAH kepada orang muslim yang beriman untuk datang merapat ke rumah ALLAH dan merehatkan tubuh dan jiwanya dengan Shalat.

So, bagi kami adzan merupakan suara termerdu di bumi.

Allahu a’lam.

( Sumber : kitab Fiqih Islam hal.584 )

Apa Hikmah Adanya Alam Dunia ?

” ALLAH menciptakan manusia, serta menjadikannya melalui fase-fase waktu, tempat dan keadaan. Kemudian di akhiri dengan keabadian, baik itu abadi di syurga atau di neraka “.

” Alam dunia, alam yang lebih luas dari alam rahim ibu, dan masa hidup di alam ini lebih panjang dari alam rahim ibu. ALLAH mengatur dan menyediakan bagi manusia apa-apa yang dibutuhkannya di alam ini “.

” Hikmah adanya alam Dunia ini Adalah : Menyempurnakan keimanan kepada ALLAH dan menyempurnakan amal sholeh, yang merupakan sebab dimasukannya manusia ke dalam syurga “.

jadi dunia merupakan tempat kita menyempurnakan amal perbuatan dan tempat ujian.

Kesempurnaan dari penciptaan telinga adalah dengan mendengar, seseorang dikatakan sempurna telinganya ketika dia bisa mendengar dengan baik. begitupun dengan anggota tubuh yang lain.

mata di katakan sempurna ketika bisa melihat , dll.

jadi hidup di dunia ini di katakan sempurna jika kita bisa beribadah kepada ALLAH SWT.

bukan sempurna dengan banyaknya harta, istri, anak-anak, dll.

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. adz-Dzariyaat [51]: 56).

Allahu a’lam .

( Sumber : Fiqih Islam Hal.1097 )

2018?? #Berjalan Bersama ALLAH

“Wahai diriku …. Manusia tidak perlu hidup di masa lalu, tetapi di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Lupakan beban penderitaan, lupakan segala duka dan memori pahit yang mungkin terpatri di otak. Buang semua itu dan tatap masa depan dengan tatapan baru. Jika kemarin berjalan tanpa melibatkan ALLAH, atau malah melupakan ALLAH, sekarang saatnya untuk berjalan bersama ALLAH dan mengingatNYA”.

( Ust.Yusuf Mansur, Buat Apa Susah 2008:7)

Senja Kamis Sore Di 16 November

Di antara Rintik-rintik hujan yg mulai  mengering….

Di sore ini….

Di 16 november.

di antara awan yang menggumpal..

dan sang matahari yang mulai tenggelam jauuh di ufuk barat.

antara penantian berbuka ..

di antara azan dan Iqomah…

ingin ku bisikan  beberapa kata pada sang khalik untuk mu…


ALLAH menjaga mu..

menjaga keluarga kecil mu..

memberkahi mu..

memberkahi keluarga kecil mu..

mewujudkan setiap harapan dan impian mu.



pada sang khalik ku titipkan dirimu padaNYA.





Jakarta,16 November 2017.

teruntuk sahabat kecil q.